homeCakesCookiesSnacksChocolateTo Order

24 November 2008

Muffin Tape Keju

Sebenarnya aku udah sering bikin muffin ini...tapi entah kenapa kok kurang sreg aja sama teksturnya..kesannya bolu banget gitu... Nah kemaren pas punya simpanan tape setengah kilo yang udah mateng, pengen juga nyobain bikin lagi...apalagi udah dikasih masukan sama jeng Erna supaya dicoba ngovennya dengan cara steam bake gitu..dijamin lembuuut..ternyata berhasil sodara-sodara...I did it !!!!....hehehe....bener2 sesue seleraku...(thank you for your advice ya Na...)

Rasanya lembut banget...gak seret..sumpah!!! hehehe...pokoke istimewa deh....

trus critanya kan pas bikin muffin ini, aku kasih tester ke beberapa teman....eh berbuah hasil alias menuai pesanan..Alhamdulillah...ada yang buat piknik, ada yg buat arisan, dll...laris manis tanjung kimpul...dagangan laris duitnya kumpul...hahahaha....

foto diatas ini versi small nya...tapi ukuran segini aja (bruder cup 4.5cm) udah kenyaang banget...isinya padat, lembut ditambah keju taburan diatasnya sampe gondrong...hahahaha....
Cobain deh...eh tapi kalo gak sempet bikin, pesen aja sama aku...


Resepnya aku modifikasi sedikit :

MUFFIN TAPE KEJU
Recipe by: Fatmah Bahalwan

Bahan:
8 btr kuning telur
6 btr putih telur
250 gr gula pasir
250 gr tepung terigu
250 gr mentega/margarine
400 gr tape singkong --
aku tambah menjadi 500gr
2 sdm susu kental manis -- aku tambah menjadi 5 - 6 sdm SKM
25 gr keju cheddar, parut. -- aku tambah menjadi 75gr keju cheddar dicampur dlm adonan

Cara membuat:
Haluskan tape, buang seratnya, beri susu kental manis, aduk rata, sisihkan.

Kocok gula pasir dan mentega hingga pucat, masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga rata.

Masukkan tape halus, aduk rata, masukkan tepung terigu, aduk rata,sisihkan.

Kocok putih telur hingga kaku, tuang kedalam adonan mentega secara bertahap sambil diaduk hingga rata.

Siapkan loyang muffin, beri kertas mangkuk, tuangi adonan hingga ¾ penuh, taburi keju parut. Panggang dalam oven hingga matang. Suhu 180’C selama lk. 30 menit. (aku ngovennya dengan cara steam bake...loyang yang berisi adonan diletakkan di rak atas, kmdn rak bawah aku beri loyang yg berisi air)

4 komentar:

Intan Bayduri mengatakan...

wah mbak.. bener banget, aku dah pernah bikin tapi resep gak aku modif, maklumlah.. pemula takut gagal kalo modif2 hehehe. Habis bikin 1 kali eh ketagihan, apa daya blm punya waktu lagi buat bikin. Suamiku malah cuma kebagian 1 secara pas dah jadi diserbu banyak orang, teharu ..hiks... baru pertama gitu loh, resep NCC emang wokeh ya :D

shanti mengatakan...

hallo mba Arta...aq shanti.Dah coba resep muffin tapenya pake sistem steam bake.Teksturnya lembek dan rada basah...di oven 180 derajat selama 40menit(30 menit blm matang).waktu dimakan memang tdk seret dan teksturnya rada seperti bantat(sebenarnya gak bantat wktu d makan).Dan penampakannya tdk bisa menjulang sprt muffin pd umumnya.

Mohon masukannya mba...apakah karena pake steam bake tekstur kuenya jd sprt itu?atau ada yang salah dengn step2 pembuatannya?

Thx,Shanti

Arta mengatakan...

hai Shanti...
Kbtln aku sering banget bikin muffin tape keju ini..kadang aku bikin di bruder cup, kadang2 aku juga bikin di loyang tulban...
kesimpulannya : yg di bruder cup hasilnya lebih kering, tetep moist..trus klo yg di loyang, malah agak basah, teksturnya hampir mirip proll tape, tp ini lbh padet aja...

Utk muffin yg tdk bs menjulang, kemungkinannya ngisi cupnya kurang banyak Shan..aku biasa pake bruder cup uk 4,5..aku isi 3/4 cup (hmpr penuh gitu)

sdgkan kalo tekstur yg seperti bantat, ada bbrp kemungkinan : mentega kocok kurang mengembang, pencampuran mentega kocok dgn adonan putih telur kurang rata...coba wktu masukin putih telur dan terigu ke mentega kocok, dilakukan selang seling deh...trus diaduknya sampe dasar..sampe warnanya sama...

Aku pake teknik steambake ini, spy tekstur kuenya jd moist aja nih..jadi lembut gak kering...krn kebetulan aku pencinta cake yg moist..hehehe...

smoga membantu ya Shanti...

tiwi mengatakan...

cantiiik bgt muffinnya mbak...