25 Agustus 2009

Mocca Nougat Cake

Baru ingat kalo nyimpen Buttercream Mocca beli di toko Ani...sempet mikir juga enaknya dibikin apa yaa?? ehh kok jadi kepengen bikin si Mocca Kacang ini, jadi kepengen nostalgia sama Mocca Nougatnya toko roti Bawean (d/h sweetheart) di Bandung sono...bikin ndiri aja yuuk...:)

Nyontek resepnya bu Lanny Soechan nih :

Mocca Nougat Cake
By Lanny Soechan

Bahan 1:
8 kuning telur
50 gr gula pasir halus (castor)

Bahan 2:
150 gr tepung terigu protein rendah
1/2 sdt baking powder

Bahan 3 (campur jadi satu):
100 ml susu cair
100 ml minyak sayur

Bahan 4:
250 ml putih telur
100 gr gula pasir
1/2 sdt cream of tar tar
1/2 sdt garam

Bahan 5 (cream) : ---- buttercream nya aku beli jadi di toko Ani..:)
250 gr mentega putih
125 gr margarine
200 ml susu kental manis putih
2 sdm mocca pasta

Bahan 6 (nougat):
200 gr gula pasir
200 gr kacang tanah, panggang, tumbuk kasar -- aku pake kacang mede..tambah wueenaaak...:D

Cara membuat :
1. Bahan 4 : kocok putih telur hingga 1/2 mengembang. Masukkan gula pasir, cream of tar tar, dan garam. Kocok kembali hingga mengembang, tapi tidak terlalu kaku.

2. Campur dan kocok bahan 1 menjadi satu hingga mengembang dan gula larut. Masukkan bahan 2 sedikit demi sedikit sambil diselingi dengan bahan 3, aduk berlahan dengan spatula hingga rata.

3. Tuangkan bahan 4, aduk hingga tercampur rata. Tuangkan adonan ke dalam 2 buah loyang berdiameter 20 cm yg telah diolesi dg margarine hingga rata.

4. Panggang ke dalam oven dengan suhu 160 • C - 175 •C selama 20 menit hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, dan dinginkan.

5. Campur dan kocok bahan 5 menjadi satu hingga tercampur rata dan mengembang, sisihkan.

6. Bahan 6 : sangrai gula pasir hingga meleleh dan berwarna kuning kecoklatan. Masukkan kacang tanah, aduk rata. Tipiskan didalam loyang yang telah diolesi dengan sedikit minyak pada saat selagi panas. Dinginkan, haluskan.

7. Ambil satu lembar cake, olesi dengan bahan 5 hingga rata dan taburi dengan bahan 6. Tumpuk dengan cake, beri lagi dengan bahan 5 dan bahan 6. Lakukan hal yang sama untuk semua cake yang selanjutnya, terakhir taburi seluruhnya dengan bahan 6.

8. Hias sesuai selera.

rasanya enaaak banget...apalagi kalo kacangnya dibanyakin...(spt foto diatas...)..hehehe..dijamin gak brenti2 makannya...qiqiqi..eh tapi dasar penyakit bakul kue kali ya, bikin cake keciiil aja lamaaa banget gak abis2...gara2 kenyang duluan nyolek2 sono sini...dasaar..!!

Tidak ada komentar: