28 Juli 2009

KBB # 12 Cheese Souffles



Tema tantangan ke 12 kali ini adalah Savoury Baking, dimana kita 'ditantang' untuk membuat salah satu jenis Savoury/Souffles...Souffles ada yang manis, ada juga yang asin...kali ini souffles asin -- Cheese Souffles -- yang jadi pilihannya..
Souffles ini bisa masuk dalam kategori main dish ataupun sebagai dessert, bikinnya lumayan menantang, tapi juga gak rumit2 amat..hehehe...yang jelas souffles harus disajikan dalam keadaan panas, kalo udah dingin, dijamin bakalan kempes pes dah tu souffles nya..:)


Kesulitan yang aku hadapi, hampir bisa di-minimize..cuma ada sedikit 'accident' waktu ngocok putih telurnya aku kebablasan saking asyiknya..hehehe, perintahnya sampai kaku, sedangkan aku waktu itu ngocoknya sampai "lebih dari kaku" so langsung kembali lemes deh si putih telurnya..hehehe...terlalu bersemangat seh...:p


nah kalo kesulitan yang umum (yang pasti dialami oleh semua member KBB) yaitu harus berpacu dengan waktu utk motret Cheese Souffles ini, krn kan yang dicari souffles yang mengembang, jadi begitu mateng kudu langsung dijepret pret..kalo gak dia bakalan 'mendelep' lagi...mendelep tu apa ya bahasa indonesianya...hehehe..pokoke langsung menciut deh...

hiks..hiks..hiks..souffles ku kok bentuknya kayak cendawan/jamur yak?? hehehe..tp no problemo...rasanya beneran enaaaaak banget..walopun terbuat dari keju, souffles ini asinnya pas..pokoke dimakan panas2 pas sore2 sambil ditemenin teh anget...wow nikmatnya...mertua lewat gak bakal ngeliat deh...hahahaha...
aku ada sedikit modifikasi dari resep dibawah ini, modifnya sedikiiiit kok...cuman ditambahin
daging asap dipotong kotak2, ditambahin peterseli/parsley cincang dan tambah pala bubuk sedikit...rasanya top markotob jadi nya...

Cheese Souffles

Sumber: The Perfect Cookbook by David Herbert. Penguin Books Australia Ltd 2003.


100g unsalted butter / mentega tawar

½ cup plain (all-purpose) flour / tepung terigu

300ml milk / susu

1 cup grated cheddar / cheddar parut

2 Tbs / sdM freshly grated parmesan / parmesan parut

½ tsp Dijon mustard / mustard Dijon

pinch / sejumput cayenne pepper

4 eggs / telur, separated / pisahkan


Preheat the oven to 190C (375F, Gas Mark 5). Grease and lightly flour six ½-cup-capacity souffle dishes.

Panaskan oven suhu 190C (375F, Gas Mark 5). Minyaki/olesi mentega dan taburkan tepung loyang souffle dengan kapasitas ½ cup sebanyak 6 buah.


Melt butter in a small saucepan over low heat. Add the flour and cook, stirring constantly, for 1 minute. Gradually add the milk and whisk continuously over medium heat until the mixture is smooth, thickens and comes to the boil. Allow to cool for 5 minutes.

Lelehkan mentega di panci kecil dengan api kecil. Tambahkan tepung lalu masak sambil diaduk-aduk selama 1 menit. Tambahkan susu sedikit demi sedikit dan whisk terus menerus dengan api sedang hingga adonan lembut, mengental dan mendidih. Biarkan dingin sejenak selama 5 menit.


Transfer the mixture to a bowl and stir in the cheddar, parmesan, mustard and cayenne pepper. Mix well.

Pindahkan adonan ke dalam mangkuk dan masukkan keju cheddar, parmesan, mustard dan cayenne pepper. Aduk rata.


Lightly beat the egg yolks and add these to the cheese mixture. Mix well.

Kocok ringan kuning telur dan masukkan ke dalam adonan keju. Aduk rata.


With an electric mixer, whisk the egg whites in a clean bowl until firm peaks form. Fold a quarter of the whites through the cheese mixture to slacken it slightly, then gently fold through the remaining whites.

Kocok putih telur menggunakan electric mixer hingga mencapai firm peak. Masukkan seperempat adonan putih telur ke dalam adonan keju untuk sedikit 'melemaskan' adonan, lalu masukkan sisanya perlahan.


Spoon the mixture into the prepared dishes and bake for 20-25 minutes, or until risen and golden. Don't be tempted to open the oven until the souffles have risen. Serve immediately.

Sendokkan adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan lalu panggang selama 20-25 menit, atau hingga mengembang naik dan kecoklatan. Jangan tergoda untuk membuka oven sebelum souffles betul-betul sudah mengembang/naik. Hidangkan segera.


2 komentar:

Arfi Binsted mengatakan...

diberi parsley cantik ya soufflenya. kayaknya souffle emang temenan banget ama parsley hehehe...

sherry mengatakan...

cantik mbak hasilnya...:)