29 Mei 2009

KBB #11 Onbitjkoek

Tema tantangan KBB ke 11 kali ini adalah Onbitjkoek -- penulisan sesuai resep asli, tapi katanya yg bener tu Onbijtkoek...hehehe..-- whatever deh..tapi yang jelas sesuai info yg aku dapet, ini kue jadul warisan Belanda...mungkin kakek-nenek kita dulu sering makan kueh ini kaleee...:)

Setelah baca resep dengan seksama, ternyata bahan2 dan cara buatnya gak serumit judulnya...hehehe...bahannya guampang dan mudah diperoleh, trus bikinnya jg gak syusyeh kok...Alhamdulillah semua berjalan lancar...mulai dari persiapan bahan..sampai kuehnya jadi...semuanya lancar jaya kayak nyetir di jalanan jakarta kalo pas lebaran...qiqiqiqi..gak ada hubungannya yak...:p

ini dia fotonya..:

Onbitjkoek ini rasanya khas...kayak ada wangi2 spekoek nya...kuehnya empyuuuk...tapiiii syeret..hehehe..krn buatnya gak pake margarine...pantesan kan??? susah banget dipotong, kudu pake pisau yang tajeeem banget...
jadi menurut cerita, cara makan kueh ini dengan dioles mentega...makanya kemaren pas aku cobain, aku olesin pake butternya Elle Vire..pantesan jadi enaaak banget...hehehe tapi tetep aja bukan favorit di rumahku..ini bikin seresep aja lamaaa banget gak abis2...maklum pada perut melayu...qiqiqi...

Onbitjkoek

Sumber: Kue-Kue Indonesia. Yasa Boga-PT Gramedia Jakarta. 2007.


125g gula palem/gula merah -- aku pake brown sugar...

5 kuning telur

3 putih telur

campur rata 125g tepung terigu, 1 sdt peres kayumanis bubuk, ½ sdt pala bubuk, ¼ sdt cengkih bubuk

50g kenari, iris tipis


Kocok kuning telur dan putih telur, gula palem sampai kental dan naik. Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur, aduk rata. Tuang ke dalam loyang roti (loaf) yang sudah dialas dengan lapisan kertas yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung. Panggang kurang lebih 20 menit (setengah matang). Taburi irisan kenari. Panggang terus sampai matang, angkat. Potong menurut selera.


Tidak ada komentar: