24 April 2009

Ayam Kremes Tulang Lunak

Udah lama bener ni blog gak pernah ditengokin...hampir jamuran kali...hehehe...maafkeun daku ya blog ku tersayang..:)

Dari dulu aku tuh pengeeen banget buat ayam kremes tulang lunak...tapi blum kesampaian mulu, secara blum punya alatnya (presto)...makanya pas ada kursus yg materinya ayam kremes ini, aku ikutan deh...skalian memberdayakan (baca : memperbudak..hehehe) presto Signora ku yang baruuu...asiiik..tapina masih kredit blum lunassss....qiqiqiqi....

resepnya dibawah ini yaaa...(pssst resep aslinya berjudul Ayam Tulang Lunak di Sarang Penyamun....hehehe..syerem yak??? )

Ayam Kremes Tulang Lunak
Resep dari Olivia Cooking Course - Bekasi

Bahan Ayam :
1 ekor ayam negeri/Kampung

Bumbu :
Bumbu A - haluskan :
6 siung bawang putih
6 butir bawang merah
4 butir kemiri
8 cm kunyit
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt vetsin (optional) -- aku pake Knorr Chicken Powder
1 sdt ketumbar
1 sdm garam halus

Bumbu B :
3 lbr daun jeruk
2 lbr daun salam
2 ptg serai
lengkuas
500 ml - 700 ml air/santan

Cara Membuat :
Tumis semua bumbu yg telah dihaluskan sampai harum, lalu masukkan ayam dan air/santan..(sampai ayam terendam)
masak dengan presto kurang lebih 1 - 1,5 jam (aku pake presto listrik Signora, butuh waktu sekitar 90 menit...hasilnya tulangnya lunak sekali..) setelah matang, angkat lalu goreng sebentar saja..--disarankan saat menggoreng ayam diletakan diatas saringan, spy tidak hancur--

Kremesan :
Bahan :
300 cc air sisa rebusan ayam
2 sdm tepung sagu tani
2 sdm tepung beras
1 butir kuning telur
1 sdt baking powder

Cara :
aduk jadi satu sampai rata lalu goreng menjadi kremesan...

30 komentar:

Vieatoz mengatakan...

Mesin prestonya beli di mana mbak? Terus harganya berapa? Terima kasih.

Arta mengatakan...

hai mbak..

aku pakai presto listrik merk signora..belinya di salesnya signora waktu ada demo masak..
harganya skrg gak tau pasti, tp setaun lbh yg lalu aku belinya 2 juta..

Pipit mengatakan...

waa.. baru tau, ternyata pakai baking soda ya? aku coba resepnya ya...

Anonim mengatakan...

Mb ,, vetsin.nya pake yg biasa aja bsa kn ? Mi-won , sasa atau apa yg biasa di iklan.kn ..

Arta mengatakan...

aku pakai masako mbak sedikit aja..bisa disubsitute dengan gula + garam kok..

Anonim mengatakan...

walah walah walah ternzata uueenak tenan mbak uuuiikkl

Anonim mengatakan...

Sebenarnya sy ngak bs masak, tp penasaran mo coba buat resep ini.
Dan akhirnya, setelah coba, woala saya berhasil!!!
Hasilnya lezat dan tampilannya jg seperti si gambar. Terimakasih mba.. :)

Anonim mengatakan...

Mbak klau panci prestonya pakai yg biasa di jual dipasaran bg gak utk mwmbuat ayam tulang lunak?tq

Arta mengatakan...

prinsipnya pakai panci presto apa aja bisa kok mbak...gak terpaku dgn merk tertentu...kebetulan aja aku pakai yg merk signora, presto listrik..krn aku punya nya cuma itu :)
gud lak yaw...

Anonim mengatakan...

gambare enaaaaak buanget
tapiii gk bsa buate mbaaaa
kirimin yach

dedi mengatakan...

Mbak Jualan nggak? Dimana?
kayaknya enak banget tuh!
Saya Mau coba dulu sebelum beli prestonya
Makasih!

lexi mengatakan...

ada lapaknya ga om, pengen nyoba :D
mirip kek ayam lunak nyonya nita

Arta mengatakan...

gak punya lapak nih...terima pesanan aja dirumah :)

Anonim mengatakan...

Mbak.. aku mw nyoba resep yg mba posting. berhubung aku g bisa masak jadi bingung ngartiin "Tumis semua bumbu yg telah dihaluskan sampai harum, lalu masukkan ayam dan air/santan..(sampai ayam terendam)"
itu mksdnya gmn ya?apa ayam dan bumbu dimasukkan ke dalam wadah trs direndam air santan gitu?ngrendemnya brp lama ya??
makasih mba...

Arta mengatakan...

hai mbak...
itu saya numisnya langsung di presto nya mbak...jadi presto kasih minyak sedikit utk tumis bumbu2 smp harum, masukin ayamnya, masukin air/santan...jumlah airnya dikira kira sampai ayam tsb terendam air...
kmdn presto ditutup...mulai deh masak..tinggal pasang aja timernya :)

step2 tsb bisa jg dilakukan diatas fry pan, setelah bumbu harum, ayam dan bumbu serta air campur ke presto..selebihnya sama prosesnya.

tantya mengatakan...

Resep yang paling mantab yg aku cari ..trims ya non..

laura mengatakan...

Mba.. ǺkŮ pernah bikin bumbu kremes nya. †âÞi ĸэήǻρä ya gorengan pertama berhasil,selanjutnya gagal. Bumbu ¥ğ dgoreng ßukån jadi kremes. †âÞi menumpuk saat dgoreng. Tq

Nera Ajjah mengatakan...

aku lagi nyoba neh.. berhasil gak yah, dengan api kecil kan, aku baru 15 menit- an neh, tadi dicoba dengan api besar, yang ada hangus, iya dagingnya lunak tapi tulangnya masih keras.. airnya sudah habis tapi tulangnya masih keras..mudah mudah an yang ini berhasil ya..

Nera Ajjah mengatakan...

aku lagi nyoba neh.. berhasil gak yah, dengan api kecil kan, aku baru 15 menit- an neh, tadi dicoba dengan api besar, yang ada hangus, iya dagingnya lunak tapi tulangnya masih keras.. airnya sudah habis tapi tulangnya masih keras..mudah mudah an yang ini berhasil ya..

lisa mengatakan...

wah..
Aku pengen nyoba nih mba , soal nya aku sering makan di rumah makan ayam kremes tulak lunak aku penasan pengen nyoba bikin sendiri di rumah , krn aku udah tau resep nya dari sini , jadi nanti mau akun coba , lagian aku juga punya presto nya .

MasBuddy mengatakan...

WAduh ibu2 semua yang koment. . :-D
terima kasih ya atas respnya mbak. saya inging berwirausaha dengan membuka warung makan dengan menu ayam goreng kremes.

MasBuddy mengatakan...

Yang koment ibu2. . :-D
aku cow sendirian. .
sebelumnya terima kasih ya mbak atas postingannya. saya sangat terbantu dengan postingan anda. semoga bisa bermanfaat bagi yang lain. amin

Datuk asep susanto tambunan chaniago mengatakan...

Nanti lah kita coba bu ai, nyaman jua sepertinya resep ni lah..

az-zahra mengatakan...

saya bapak2, ikutan mau nyoba bikin ah, trims banget resepnya ...

Anonim mengatakan...

Mbak Arta, aku pernah coba bikin ayam presto. Bukan resep mbak Arta siy. He he
Cuma waktu itu bumbu nya gak meresap. Presto nya cuma sekitar 45 menit ajah dan air nya masih banyak.
Kira kira kenapa gak meresap ya bumbu nya?
Apa karena presto nya cuma sebentar?
Makasih ya mbak

Arta mengatakan...

mbak Anonim :)

gak meresap bisa jadi karena kurang lama mrestonya mbak..
itu diresep ada keterangan kalo saya mrestonya hampir 1.5 jam, dijamin meresap juga dijamin lunak tulangnya.
airnya jgn terlalu banyak jg, yg penting ayam terendam sempurna.
thanks juga.

Anonim mengatakan...

mba sya mau kursus ayam kremes tp di mana ya.. sya tinggal di kelapa gading

zzz mengatakan...

mbak kalo gk pake dipresto bisa?

Anonim mengatakan...

Mbak aku pernah coba bikin kremesnya tp hasilnya gumpalan ya,bajing powder itu apa sejenis dg soda kue.tq mbak

Arta mengatakan...

maaf telat banget responnya :

- gak pake dipresto bisa aja tp diungkepnya bisa 3-4 jam kali yaa spy lunak sampai ke tulang.

- waktu goreng kremesnya jangan sekaligus mbak, dipinggir2nya wajan gitu, nanti lama2 kalo udah kering kremesannya ngumpul sendiri ke tengah.

- iya baking powder bentuknya bubuk seperti soda kue, tp fungsinya berbeda.