24 Maret 2009

Mini Fruit Pie


Mini fruit pie ini termasuk favorit di dapurku...ceilee...(padahal sih bakulnya nih yang doyan...hehehe...abis uenak sih, dan seger pastinya...)

utk adonan kulit nyontek resepnya si ibu cantik Widya Puteri :

MINI PIE BUAH
By Widya Puteri

Bahan Kulit :

500 gr tepung terigu protein rendah
135 gr gula halus
300 gr margarine (atau 150 gr butter + 150 gr margarine)
3 butir kuning telur (ukuran sedang)
1 sdm susu bubuk

Cara membuat:

Kocok margarine (campuran margarine dengan butter) dengan gula halus sampai lembut. (menggunakan hand mixer kecepatan tinggi 4 menit)
Masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga rata, matikan mixer.
Masukkan tepung terigu dan susu sambil diayak aduk dengan menggunakan pisau pastry. Atau bisa menggunakan 2 buah garpu besar. Aduk sampai adonan rata.
Siapkan loyang pie mini, oles tipis dengan margarine.
Tipiskan Adonan kulit pie, cetak sesuai loyang.
Panggang dengan suhu 160 derajat Celcius sampai matang

Notes :

Hindari mengaduk adonan kulit pie menggunakan tangan, panas pada tangan bisa menyebabkan adonan kulit pai menjadi keras dan tidak renyah.
Tusuk-tusuk adonan mengggunakan garpu sebelum dipanggang supaya kulit pie tidak menggelembung.

Untuk adonan Vla, aku pake resep ini :
Bahan :
700 ml susu cair
120 gr gula pasir
75 - 80 gr tepung maizena
2 butir kuning telur
2 sdm butter
Rhum (optional)
Vanila Pasta (optional)

Cara membuat :
Panaskan 500 ml susu cair dengan gula sampai hampir mendidih, sesekali diaduk.
Cairkan tepung maizena dgn 200 ml susu cair. Masukan kuning telur, aduk rata, sisihkan.
masukan campuran maizena kedalam larutan susu dan gula secara sekaligus, aduk rata dengan cepat sampai adonan mengental dan meletup - letup.
masukan butter (rhum dan vanila pasta -- optional), aduk rata...

penyelesaian :
Isikan vla pada kulit pie yg sudah matang (dingin)...kemudian bisa dihias dengan fruit cocktail atau buah2an...

jadi deehhh...rasanya te-o-pe be-ge-te alias top bangeeed gitu lhoo...hehehe...cobain deh...ato kalo gak sempet, pesen aja sama akyu...
ini contoh pesenan snack box yang isinya ada mini fruit pie...

4 komentar:

Anonim mengatakan...

maksih resepnya, saya baru belajar bikin kue di sekolah. jadi seneng bikin kue pas abis ujian praktek masak. belum di coba sih, soalnya kayaknya susah :)

ummu ghozi mengatakan...

mbak, untuk pie ini bisa tahan berapa lama? trus dengan takaran di atas, bisa jadi untuk berapa buah pie. thanks ya mba...

Arta mengatakan...

@ ummu ghozi : crust pie ini tahan lama kok mbak...saya simpan di chiller bisa sampai sebulan lebih. kalo mau pakai tinggal dithawing dulu.
hasilnya tergantung cetakan yg dipakai mbak, aku pakai yg diameter 6 cm kalo gak salah jadi sktr 40pcs.

Anonim mengatakan...

mbak... vanila nya itu dari susu bubuk ya? dan boleh ga di tukar rasa yg lain ?? saya mau nyoba. tq