08 Februari 2009

Bolu Kukus Ketan Hitam

Kapan hari pas mertuaku lagi nginep dirumah, bingung juga mau bikin apa buat cemilan sore...eeehh pas kebetulan mbak Fat posting resep si bolkus ketan item ini..yo wis langsung dicoba dweh...hasilnya emang top markotop...endang gulindang...
Trus critanya pas ini bolkus udah mateng, eh ada tetanggaku mampir kerumah, aku suguhin doong si hitam manis ini, ternyata oh ternyata tak kuduga tak kusangka..qiqiqiqi, blionya jatuh cinta dan Alhamdulillah bakulnya dpt pesenan yg buanyaaak dweh buat acara santunan anak yatim di mesjid deket rumah....abis itu binun deh cari cetakan yg kecil2, scr pesennya yg harga 'terjangkau' gituuu...hehehehe
Skali lagi, Alhamdulillah...berkahnya si bolkus hitam manis ini nih....

Resepnya boleh nyontek dari mbak Fat....suwun yooo mbaak...

BOLU KUKUS KETAN HITAM

Penulis: Fatmah Bahalwan


Bahan :

6 btr Telur

200 gr Gula Pasir

1 sdt Cake Emulsifier

350 gr Tepung Ketan

¼ sdt Garam

150 ml Minyak sayur

200 ml Santan


Cara membuat :

Kocok telur, gula, garam, dan cake emulsifier hingga kental dan putih.

Masukkan tepung ketan hitam, aduk rata. Tuang minyak dan santan, aduk rata.

Masukkan adonan kedalam 2 buah loyang loaf ukuran 10x22x8cm yang telah dipoles mentega dan ditabur tepung tipis-tipis, hingga ¾ tinggi cetakan, kukus selama 40 menit atau hingga matang. Angkat.

6 komentar:

indah_maulya mengatakan...

cake emulsifier
itu apa sis ? pengembang yagh ?

indah_maulya mengatakan...

cake emulsifier, itu sejenis pengembang yang sis ??

Arta mengatakan...

iya mbak, sejenis pengembang kue.

Anonim mengatakan...

sis, distep 1 ada perintah untuk mengocok bahan2 tsb, haruskah pakai mixer atau manual?

Arta mengatakan...

dikocok sebaiknya pakai mixer sis...supaya kental. kalo gak sampai kental nanti bantat hasilnya.

Anonim mengatakan...

kalo pake cetakan kecil2 gitu jadinya berapa biji mb? makasih :)