30 September 2008

KBB#7 Japanese Style Cheesecake


Pertama kali dapet surat tjintah dari KBB sebulan yg lalu...hati udah berbunga bunga, ide-ide bermunculan di kepala..apalagi kali ini temanya "WARNA WARNI" dalam rangka merayakan ulang taun KBB yang ke 1...
Akhirnyaaa...manusia memang boleh berencana tapi Allah yang menentukan...hehehe gak ada hubungannya yaa? maksudnya...ide sih boleh menari nari tapi pelaksanaannya nooollllll besar..alias keabisan waktu...lho kok bisa? iya bisa, soalnya manajemen waktuku masih amburadul...gara2 sibuk dikejar deadline ngerjain pesenan kuker dan lain lain buat jualan lebaran...:D, akibatnya pe er KBB ku keteteran..malah bikinnya skalian ngerjain pesenan terakhir buat lebaran...dengan kata lain...pe er kali ini adalah orderanku buat lebaran...hihihihi..maapkan daku mbak Arfi..

Sesuai order, kali ini bikin Japanese Style Cheesecake...sbnrnya udah biasa bikin..cuma gak pernah dipoto aja step by stepnya..kali ini aku poto'in deh...mulai dari awal bikin sampai mateng..Alhamdulillah gak ada kesulitan yang berarti..eh ada ding..apinya agak kegedean, jadi permukaan JCC agak retak dikit...tp bisa ditutupin dengan dikasih stroberi glaze yang agak tebelan..

ni dia poto2nya...

Rasanya so pasti udah terbukti okeh punya...menurut resep harusnya dikasih topping aprikot glaze..eh ternyata selai aprikotku udah raib entah kemana...tinggal punya selai stroberi sisa bikin lapsur..yawdah aku pake itu aja...nyambung kok sama topping buah stroberinya...jadi judul sebenarnya JCC with stroberi topping kali yaaa..

aku nyontek resepnya Yasaboga tapi yg udah dimodif sama Yeni Suryasusanti :

Japanese Style Cheesecake
Resep Asli : 35 Variasi Resep-resep Cheesecake by Yasaboga
Modifikasi : Yeni Suryasusanti


Campur dan Ayak:
50 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena

Bahan :
60 gr mentega tawar
250 gr cream cheese, biarkan pada suhu ruang
120 ml whip cream
5 kuning telur (resep asli : 3 kuning telur & 1 butir telur)
kulit jeruk lemon parut dari 1 jeruk lemon (resep asli : 2 sdt)
5 putih telur
1/8 sdt garam
125 gr gula pasir halus
1 sdm air jeruk lemon (resep asli : 1 sdt)
2 sdm apricot glaze (resep asli : selai apricot) -- aku pakai selai stroberi
3 sdm air (resep asli : 2 sdm)

Cara Membuatnya :
Siapkan loyang,alasi kertas roti, olesi mentega. Pasang oven 150 derajat Celsius, masukkan alas loyang yang diisi air.
Campur mentega, cream cheese dan whip cream dalam wadah. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api.
Masukkan campuran tepung, aduk rata.
Masukkan kuning telur, aduk rata.
asukkan kulit jeruk lemon, aduk rata, sisihkan.
Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak).
Tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata. Tuang adonan ke loyang, panggang dengan cara au bain marie, kurang lebih 75 menit sampai permukaan matang, kuning keemasan. Keluarkan dari oven.
Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang. Panaskan apricot glaze dan air, oleskan ke permukaan cheesecake

5 komentar:

rachmah setyawati mengatakan...

duuhh, cheesecakenya... strawberrynyaaa.... semua bikin ngilerr abiizzz !!

Arfi Binsted mengatakan...

maooooooooooooooo!!!

Raphaelle Bakes mengatakan...

cantiknya... mau donk ...^_^...

*14* by Regina B mengatakan...

hmm mantap deh... ini salah satu kue yang pengen aku coba dari sejak dulu tapi belum kesampean bikin.

Angela Mulianie / Lia mengatakan...

jcc mah emang top markatop..*cheese mania*