22 Juli 2008

Puding Cokelat Saus Moka

Udah lama nih gak posting yang seger2...kebetulan abis nyoba'in bikin puding ini, saus mokanya langsung jadi favorit nih..secara aku 'coffee addict' gitu lho...pas banget deh sama seleraku...



Puding ini teksturnya lumayan padat...manisnya pas kalo disiram saus moka nya..dimakan tanpa saus pun juga oke..cuma jadi kurang manis dikit aja...

Puding Cokelat Saus Moka
Kontributor: Odilia Winneke / detikfood

Bahan :
600 ml susu cair
25 g cokelat bubuk
100 g cokelat masak pekat, cincang
100 g gula pasir
1 bungkus (7 g) agar2 bubuk putih
2 kuning telur ayam, kocok

Saus:
500 ml susu cair
100 g gula pasir
50 g cokelat masak pekat, cincang
1 sdm kopi bubuk instan
1 kuning telur ayam, kocok
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara Membuat :
Taruh susu, cokelat bubuk, cokelat masak, gula, dan agar-agar dalam panci.
Jerangkan di atas api sedang sambil aduk-aduk hingga cokelat larut dan susu mendidih. Kecilkan api.
Ambil sedikit adonan panas, campur dengan kuning telur hingga rata.
Tuangkan kembali ke dalam adonan susu. Masak hingga mendidih. Angkat.
Aduk-aduk hingga uapnya hilang. Tuangkan ke dalam cetakan bervolume 125 ml yang sudah dibasahi air matang. Biarkan hingga dingin.
Simpan dalam lemari es hingga saat disajikan.
Sajikan puding dengan sausnya.

Saus :
Rebus susu, gula, cokelat, dan kopi hingga mendidih.
Ambil sedikit adonan panas, campur dengan kuning telur, aduk rata. Tuangkan kembali ke dalam adonan susu.
Tuangi larutan maizena, aduk-aduk hingga kental. Angkat dan dinginkan.

Untuk 6 buah

Tidak ada komentar: