31 Mei 2008

KBB#5 Banoffee Pies




Tantangan kali ini adalah membuat Pie..tepatnya Banoffee Pie -- Banana and Toffee Pie -- Kalo kata Wikipedia, banoffee pie ini merupakan salah satu jenis English dessert yg populer..terbuat dari pastry sebagai bahan dasar, banana aka pisang, cream, serta susu kental manis (condensed milk) yang direbus sedemikian rupa hingga menjadi karamel...

Pertama baca tantangan ini..aku seneng banget...secara aku belum pernah bikin gitu lhoo..selain itu aku juga favorit bgt sama keluarga pastry ini...trus kalo diliat resepna sih gak terlalu ribet...tapinaa tiap kali mau bikin, lha kok ada aja halangannya...jadi baru sempet bikin pas deket2 deadline...duh maap yaa bu host...

kesulitan alias deg2an mulai muncul waktu bikin fillingnya (toffee)..krn aku skip salah satu bahannya yaitu brown sugar -- aku ganti dgn gula kastor biasa dgn takaran yang dikurangi...trus menurut resep kan didihkan kurleb 5-6 menit, tp adonanku gak kental2, akhirnya aku tambah lagi waktunya sekitar 2 menit...jadinya lmyn kental..ehhhh begitu dingin...malah terlalu kental.. jadi kayak permen...trus aku tambah susu UHT sekitar 3 sdm baru deh kembali cair...

dibawah ini gambar adonan pie sebelum dicetak dan setelah dicetak tp belum dipanggang...





kalo yang ini, adonan sudah diisi pisang dan filling (toffee)




dan....tarraaa...ini hasil akhirnya :

rasanya? uueennaakk tenan...top markotob...endang bambang...sumpah!!

pake resep yang ini :

Banoffee Pies

Sumber: Foodtown Magazine. October-November 2007; Cuisine Magazine, November 2002. dengan modifikasi resep pastry dan filling.

Untuk 4-6 potong.


Pastry:

300g tepung terigu

150g mentega tawar, iris dadu

5 sdm gula

2 kuning telur

3 sdm air dingin

Masukkan tepung, mentega dan gula di dalam food processor, lalu proses hingga tercampur rata, tambahkan kuning telur (memakai pulse, supaya mengadoninya kemungkinan besar dapat tercampur rata dengan kecepatan tinggi dan waktu yang pendek).

Proses hingga menjadi remah-remah. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Jika remahnya menjadi lebih besar (maksudnya sudah terkumpul), matikan mesin dan periksa apakah pastry bisa dikumpulkan jadi satu jika ditekan-tekan menggunakan jari (tekannya pelan-pelan aja, just to make sure)

Keluarkan ke atas meja kerja dan kumpulkan (jangan uleni) hingga membentuk bulatan besar. (cara yang paling baik adalah tidak dengan meremas2 adonan supaya tidak mendapatkan hasil pastry yang keras/rubbery.

Kumpulkan adonan ke atas plastik, kalau bisa langsung dibentuk seperti bola lewat cara merapatkan seluruh ujung plastik menjadi satu sehingga membentuk bola, jadi tidak menggunakan jari jemari anda untuk membentuk apalagi meremas adonan.

Setelah terkumpul membentuk bola diamkan di kulkas selama kurang lebih 30 menit.

Keluarkan dari kulkas, giling sehingga mencukupi untuk menutup 20-22cm flan tin atau loyang pie/tart.. Tekan-tekan hingga memadati seluruh dasar loyang. Trim pinggiran pie/tart lalu tusuk dasar pastry dengan garpu. Sisihkan sebentar selama 30 menit.

Alasi kertas roti dan gunakan biji-bijian untuk menekan adonan supaya tidak menggelembung jika dipanggang. Panggang suhu 180C selama 12-15 menit atau hingga pastry kelihatan kecoklatan. (Lalu angkat kertas roti dan biji2an lalu panggang lagi selama 5 menit hingga dasar pastry mengering.)

Filling

75g mentega

50g brown sugar

3 sdm susu

300g SKM

2 buah pisang matang tapi tidak lembek

300ml krim

½ -1 cup white chocolate curls atau parut.

Masak mentega dengan gula hingga mentega leleh dan gula larut. Didihkan dan masak selama 1 menit (dengan api kecil), sambil diaduk-aduk menggunakan sendok kayu. Angkat dari api dan tambahkan susu dan SKM. Kembalikan ke atas api dan didihkan. Masak hingga 5-6 menit, diaduk-aduk hingga filling mengental dan berwarna kecoklatan. Dinginkan. (jika ingin mendapatkan efek runny, masaknya hanya sampai 4 menit saja).

Iris-iris pisang dan susun di dasar pastry yang sudah dipanggang. Tuang karamel lalu dinginkan di dalam kulkas selama 2 jam. Kocok krim hingga kaku lalu tuang ke atas pie/tart. Taburkan coklat serut di atas krim.


6 komentar:

tie mengatakan...

ehmm... banopi-nya menggoda cantik bangetttt :)

Andrie Anne mengatakan...

Setujuuu..endang bambang gulindang. Walo aga beleneq dikit, tapi pengen terus hahahaha...salam KBB:-)

ventin mengatakan...

lam KBB..

hihihi ada2 aja mba ungkapan ttg banopinya bu enadang ama pak bambang mpe dibawa2.

tapi setuju emang enyak..pa lagi klo liat penampakan punya mba arta wedew menggiurkan

ezza mengatakan...

cantik... :)

~Atiek~ mengatakan...

Pienya cantik banget..
Menggoda sekali untuk dicolek.
Salam KBB ya..

mae mengatakan...

Ho'oh. setuju be-ge-te kalo ini endang bambang gulindang, maknyus, top markotop, mak gelender, *apa lg ya*
Apalagi dengan penampakan seperti itu, no one could resist it...