21 Februari 2008

Almond Cotton Cake

Sepertinya Cotton Cake lagi naik daun nih..dimana-mana bertebaran resep dan sgala informasinya..banyak kursus2 juga buka kelas Cotton Cake...aku jg penasaran niy sama si 'kapas' ini..walopun belum ikut kursusnya tapi boleeh dong nyoba..hihihi..


Hasilnya emang bener lembut banget dan kayak kapas banget...gak amis kok..mgkn karena pengaruh esen almond...trus enaknya dima'em sore2 sambil minum kopi...pokoke endang bambang deh...:)

ALMOND COTTON CAKE
(resep : majalah Sedap 1/IX/2008)

Bahan :
65 gr mentega tawar
65 gr tepung terigu protein rendah
50 gr almond bubuk
80 gr susu cair
1 btr telur, kocok lepas
100 gr kuning telur, kocok lepas
¼ sdt almond essence
200 gr putih telur
¼ sdt garam
½ sdt cream of tartar--
aku gak pake
115 gr gula pasir--
utk yg gak suka manis, gulanya harap dikurangi, kemanisan bo!
25 gr almond slice utk taburan

Cara Membuat :
Panaskan mentega tawar sampai meleleh. Matikan api. Tambahkan tepung terigu dan almond bubuk yg sudah diayak dan diaduk sampai kalis. Angkat.
Panaskan susu cair asal hangat. Tuang ke campuran telur. Kocok rata. Tambahkan essence almond. Aduk rata.
Tuang sedikit2 ke campuran tepung terigu sambil diaduk perlahan. Sisihkan.
Kocok putih telur, garam dan cream of tartar sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit2 sambil dikocok sampai mengembang.
Masukkan campuran tepung terigu sedikit2 kedlm kocokan putih telur sambil diaduk perlahan.
Tuang di dua buah loyang oval, yang dialas kertas roti tanpa dioles margarine. Tabur almond slice.
Letakkan diatas loyang yg diberi sedikit air (au bain marie). Oven 40 mnt dgn suhu 160 derajat.
(aku panggangnya 60 menitan...sampai almond diatasnya agak2 kecoklatan gitu..)

Tidak ada komentar: