20 Juli 2011

Cakes and Mini Cakes for Andro - Aurel's birthday -- Chocolate Modelling

Akhirnya datang juga kesempatanku bikin cake dari Chocolate Modelling..:)  oooh sungguh mendebarkan hati buat yg amatiran seperti diriku...*lebaaaay*

Sebenarnya ini repeat order dari mbak Intan di Jatiasih, thn lalu mbak Intan ini pesan cake fondant buat ulang taun si ganteng Andro..kali ini pesan lagi dan minta dibuatkan 2 cake plus bbrp mini cake utk ulang taun abang Andro dan adik Aurell...rikwesnya mini cake Thomas dan Cake Abjad yg terbuat dari Coklat Modelling...gubraaaakss...:)
langsung browsing sono sini cari resep ChocMod ini..sempet kepikiran beli jadi --- eh ada yg beli jadi juga ding di toko Ani buat contoh ---akhirnya pilihan jatuh kepada resepnya mbak Peni, karena kok keliatan lebih simpel..soktau deh aku qiqiqi...

begini resepnya :
Resep Dasar Chocolate Modelling
Peni Respati

Bahan
1 kg chocolate compound, sesuai selera
(bisa dark, milk, white, atau warna)
300 gr glucose
25 ml air matang

Cara Membuat
- Cincang coklat, lelehkan. Bisa pakai pelumer coklat, ditim, atau dilelehkan dengan microwave.
- Campur glucose dengan air, aduk rata.
- Tuang campuran glucose ke coklat leleh, aduk cepat, uleni dan remas-remas sampai keluar minyaknya.
- Timbang minyak yang keluar (sebagai pembanding). Beda jenis coklat, beda merk, akan berbeda minyak yang keluar dari pengulenan ini. Makin banyak minyak yang keluar, makin bagus. Sebagai patokan, antara 150-200 gr itu standar paling bagus. Jika di kisaran 100-150 gr masih bagus.
- Pindahkan ke kantong plastik, simpan selama semalam, baru siap digunakan. Penyimpanan bisa ditaruh di suhu ruang, AC, atau lemari es. Tidak akan ada perubahan tekstur dan rasa.

Note:
- Dibutuhkan tenaga lebih ekstra untuk mengulenin dan memeras minyak, dibandingkan mengulenin fondant. Karena memang berat, sampai pada keringatan.
- Semakin lama penyimpanan hasil jadi chocolate modelling ini, dia lebih mudah dibentuk dan kokoh (tidak gampang lembek kena panas tangan).
- Saat pertama membentuk, chocolate modelling akan terasa keras, tapi kemudian menjadi cepat lemas (terutama orang yang bersuhu badan tinggi). Untuk membantu masalah ini, kalo mulai susah dikendalikan, cuci tangan, keringkan, beri sedikit maizena di tangan. Jangan terlalu banyak memberi maizena, karena terkadang susah membersihkan maizena dari hasil jadi chocolate modelling.
- Untuk menempelkan bagian-bagian figurin, tidak perlu bahan tambahan, karena saat masih dibentuk agak lengket. Jika terlanjur kering, lekatkan dengan coklat leleh. Untuk membuat bagian yang berdiri, bisa digunakan spageti kering.
- Kalau ingin memberi pewarna dari chocolate modelling putih, bisa gunakan pewarna apa saja, tidak perlu yang oil base.
- Glucose adalah cairan gula yang bening dan sangat kental, dijual di Toko Bahan Kue atau toko kimia. Bahan ini mutlak ada dalam pembuatan chocolate modelling.


gampang kaaan??? wkwkwkw....bikinnya memang mudah tapi ternyata oh ternyata mengaplikasikan ke atas cake lah yang paling susah...chocmod ini kan sangat rentan terhadap suhu panas...jadi dikit2 harus masuk kulkas atau paling tidak kita bikin kuenya di ruang ac..

hasilnya kayak gini nih :  ------> gak rapiiiii pisaaan, jangan diketawain ya..namanya jg beginner *sambilcemberut*





biar masih amburadul tapi tetap bersyukur bisa menyelesaikan dengan baik dan tepat waktu..terima kasih ya mbak Intan atas kepercayaan yg diberikan...jangan kapok yaa...janji next time will be better deh...:D

Tidak ada komentar: