12 Juli 2010

Bitterballen

Holaaaa.....jumpa lagi dengan sayaaaa...:D
meni centil yak bakul kuenya...hahaha..gak apa2 lah yang penting blognya udah gak jamuran n bulukan lagi..alias udah ditengokin lagi...hehehe...

maap yaa teman2 dan pengunjung setia blogku ini...(ceileee GR deh, serasa blognya banyak yg mengunjungi aja...:) ), bener-bener baru sempat update setelah sekian lama..banyak banget euy halangannya, mulai dari yg gak sempet nulis sampe kompienya jebol..halah gak penting lah..yang penting it's good to be back lah...hahahaha....

mari kita awali postingan bulan ini dengan bersama-sama membuat "bitterballen"....hehehe..
kudapan kecil yang cucok buat cemilan saat arisan atau acara2 lainnya...nyook bikin nyook...


resepnya nyontek dari buku Primarasa terbitan Femina

BITTERBALLEN
sumber : Primarasa - femina

bahan :
150gr daging cincang/giling
100 gr jamur merang
100 gr margarin
100 gr bawang bombay
3 siung bawang putih cincang
100 gr tepung terigu
200 ml susu cair
150 ml krim kental
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
3/4 pala bubuk
1/2 sdt gula pasir

100 gr tepung terigu utk celupan
2 btr telur kocok lepas
150 gr tepung roti halus
minyak utk menggoreng

Cara Membuat :

  1. Sangrai daging giling hingga berubah warna dan cairannya habis, angkat, sisihkan. Cincang jamur merang dan bawang bombay secara terpisah, sisihkan
  2. Panaskan margarin dlm wajan, tumis bawang putih dan bawang bombai hingga matang dan harum. Tambahkan jamur, tumis hingga layu. Masukkan tepung terigu sekaligus, aduk cepat.
  3. Tuangi susu sedikit demi sedikit bergantian dgn krim kental sambil diaduk hingga adonan licin dan rata. Bubuhkan garam, merica, pala dan gula, aduk rata. Angkat dari atas api, biarkan hingga dingin.
  4. Bentuk adonan bulat berdiameter 2cm. lakukan hal yg sama hingga adonan habis
  5. Ambil 1 bulatan adonan, gulingkan ke dlm tepung terigu, celupkan ke dalam telur kocok, lalu gulingkan ke dalam tepung roti.
  6. Panaskan minyak goreng yg banyak dalam wajan atau panci deep fry di atas api sedang. Masukkan bitterballen, goreng hingga kuning kecoklatan, angkat, tiriskan.

Tidak ada komentar: