19 Oktober 2008

Puding Leci Tiga Warna

Bosen kan liat postingan kukis mulu? aku aja yg bikin bosen banget...hehehe...pengen yang seger2 aja deh...kebetulan aku abis bikin puding leci nih...ngintip resepnya Shelomita di Femina edisi lebaran...sapa tau gara2 nyontek resepnya trus bisa ketularan jadi artis...artis dapur..qiqiqiqi....

Rasanya enak...manisnya pas...kebetulan aku penggemar jenis puding yang asli kayak gini..yang gak pake busa-busaan...hehehe...
Resepnya aku contekin deh :

Puding Leci
(Resep : Femina edisi Lebaran I - No. 38/XXXVI)

Bahan :
Agar2 Bening :
1 kaleng (312 gr) leci kalengan, tiriskan
1/2 bungkus (3,5 gr) agar2 bubuk warna putih
75 gr gula pasir
375 ml air leci kalengan
Agar2 Merah Muda :
1 bungkus (7 gr) agar2 bubuk warna putih
100 gr gula pasir
400 ml susu cair
1/2 sdt pewarna makanan warna merah
Agar2 Cokelat :
1 bungkus (7 gr) agar2 bubuk warna putih
50 gr Dark Cooking Chocolate, cincang kasar
1 sdm kopi bubuk instan, larutkan dgn sedikit air mendidih -- aku gak pake
250 ml susu cair
500 ml air
75 gr gula pasir

Vla :
500 ml susu evaporasi -- aku pakai susu UHT
125 gr gula pasir -- kemanisan menurutku...aku kurangi gula jadi 100 gr
1 sdm tepung maizena
2 kuning telur ayam
1 sdt essens vanili

Cara Membuat :
Agar2 Bening :
Susun leci di dasar loyang tulban volume 1,5 L. Sisihkan. Campur agar2 bubuk, gula dan air, aduk rata. Rebus hingga mendidih dan semua bahan larut. Angkat, tuang sedikit ke dalam loyang hingga menutupi leci. Diamkan di suhu ruang hingga hampir mengeras. Tuang sisa larutan agar2 di atasnya. Sisihkan di suhu ruang hingga agak mengeras.
Agar2 Merah Muda :
Campur semua bahan, aduk rata. Jerang di atas api kecil sambil aduk hingga larut dan mendidih. Angkat. Tuang ke atas agar2 bening. Sisihkan di suhu ruang hingga agak mengeras.
Agar2 Cokelat :
Campur semua bahan, aduk rata. Jerang di atas api kecil sambil aduk hingga larut dan mendidih. Angkat. Tuang ke atas lapisan agar2 merah muda. Simpang puding di dalam lemari pendingin hingga pengeras. Potong2, sajikan bersama vla.
Vla :
Masukkan semua bahan, kecuali esens vanili, ke dalam panci, aduk rata. Jerang diatas api kecil, sambil diaduk rata hingga mendidih. Angkat, masukkan essens vanili. Diamkan di suhu ruang sambil sesekali aduk. Simpan dalam lemari pendingin.

Tidak ada komentar: