23 Juni 2008

Soes Jepang a la Beard Papa's Cream Puff...tapi kok gak mirip yaa??? :D

Iseng nih..lagi kepengen makan soes tapi filingnya pengen yang coklat...kebetulan nyimpen resepnya pak Sahak...skalian praktek ahhh...

soesnya yummy..crunchy2 gitu deh...cuma pas bikin ini, aku kurang banyak aja ngasih adonan topping...kayaknya semakin banyak dikasih topping jadi semakin enak..trus teksturnya juga bisa belang2 kayak si tiger gitu...jadi tambah asik aja deh...Filing coklatnya enak bangeeed deh...rasanya PAS...(kayak iklan kopi aja nih..) anak2 pasti doyan...nyam..nyam...

SOES JEPANG (a la Beard Papa’s Cream Puff)
Recipe by : Pak Sahak

Bahan ARebus sampai mendidih
Butter 100 gram
Air 110 gram
Garam 1 sdt.

Bahan B :
Tepung terigu 120 gram
Telur ayam 3 butir

Cara Membuat :
- Masukan tepung terigu ke bahan A semuanya lalu aduk sampai kalis, matikan apinya.
- Kemudian masukan telur satu persatu setelah adonan agak dingin sambil dikocok hingga rata.
- Semprotkan keloyang yang telah diolesi dengan bahan oles.

Topping :
Butter 50 gram
Gula halus 50 gram
Air 1 sdm
Tepung terigu 50 gram

Cara Membuat Topping :
Semua bahan campur jadi satu lalu dikocok sampai lembut.
Masukan kekantong plastik segitiga lalu gunting bagian bawahnya kecil saja lalu semprotkan diatas adonan soes kira - kita 3/4 bagian, (seperti membuat roti boy).
Panggang dengan api 180 derajat selama 35 menit atau sampai matang.

Bahan Isi :
250 gram coklat blok
100 gram susu cair
200 gram whipkrim ( kocok sampai mengental ) -- aku pake whipkrim bubuk, dikocok sesuai petunjuk yg tertera pada kemasan...

Cara membuatnya :
Masak coklat dengan susu cair sampai mencair, lalu dinginkan.
Kemudian masukan ke dalam whipkrim kocok, lalu aduk sampai rata.

Penyelesaian :
Suntikan bahan isi kedalam sus yang sudah dipanggang

Tips :
Simpan soes difreezer agar tetap garing (sebelum disajikan) dlm keadaan kulit kosong, shg tidak perlu dipanggang lagi

Tidak ada komentar: