homeCakesCookiesSnacksChocolateTo Order

01 April 2008

KBB#4 Chocolate Swirl Meringues

Ini tugas pertamaku sejak gabung sama KBB -- Klub Berani Baking...Tantangan kali ini adalah menaklukan si Meringues...duuuh..opo maneh iki??? ...sejak dapet kiriman PR sebulan yang lalu, aku deg2an..ya iya laah..secara ogut blm pernah nyobain ni 'mereng', liat sih pernah tapi gak kebayang aja rasa dan caranya...tapina...gak seru kan kalo gak dicoba...namanya aja klub berani baking..so kudu berani menaklukkan tantangan ini...maju terus pantang mundur!!!

Kalo baca resepnya sih kayaknya lumayan menantang..gampang2 susah gitu...proses awal mulai dari nge-tim putih telur dan gula sampai dengan nge-mix adonan tsb dengan bahan2 tambahan, aku gak ngalamin kesulitan..cuma waktu nyampur coklat bubuknya, aku kebablasan ngaduk lebih banyak dr instruksinya..Kendala mulai muncul waktu nyetak nih meringues..aku kan pake bantuan piping bag dan spuit, mgkn krn aku nyetaknya agak2 santai, adonannya dah mulai lumer2 dikit..langsung aku bawa 'ngadem' dulu di kamar sebentar...hihihi...trus waktu mulai dioven -- nah ini lakonnya --- kira2 20 mnt di dalam oven, si mereng udh mulai retak2 sedikit...buru2 aku buka pintu ovennya..padahal ovenku tuh udah aku set 100 derajat aja krn cepet panas...(instruksinya sih dioven dgn suhu 120 derajat gitu...)...dengan ngebuka pintu oven, retak2 lumayan gak berlanjut...tapinaa yang bagian dalem jadi gak kering2, akhirnya waktu pemanggangannya aku tambahin jadi sekitar hampir 2 jam...(pdhl menurut resep 1 jam 15 menit udh cukup mateng..)....dan hasilnya..taraaa...not so good..tapi lumayanlah buat pemula kayak aku ini...masih ada bbrp yang retak...

ini proses mulai dari nge-tim, ngocok adonan sampai adonan dicetak...tadinya aku pikir dgn dicetak menumpuk ke atas jadi lebih oke..ternyata malah jadi lama banget matengin dalemnya..



dibawah ini, gambar meringues setelah dipanggang..




sedangkan dibawah ini adalah hasil akhirnya :


disajikan dengan disiram krim kental...trus aku coba modif dengan ditaburi coklat bubuk juga cinnamon powder...dua2nya sama2 enak banget...pas banget perpaduan rasa meringue yang manis trus ketemu krim kental yang tawar..so so yummy...bener2 sepotong tak kan pernah cukup..hehehe...

Resepnya seperti ini :

Chocolate Swirl Meringues
Sumber: Taste. (Untuk 6 porsi (besar), 10 porsi (kecil))

Bahan :
4 putih telur
225g gula kastor --
aku pake gula bubuk
1 sdt tepung maizena
1 sdm coklat bubuk
thickened cream untuk sajian -- aku pake Dairy Farmers Thickened Cream

Cara :
Panaskan oven suhu 150C fanbake (kalo ga punya fanbake pake 120C aja,setting bake).
Campur putih telur dan gula di dalam mangkuk tahan panas yang diletakkan di atas panci berisi air panas. Jangan sampai pantat mangkuk menyentuh air karena putih telur akan bergumpal-gumpal, Aduk pakai sendok kayu hingga gula betul2 larut dan adonan terasa panas jika disentuh, lalu angkat dari kompor.
Kocok adonan putih telur dan gula ini menggunakan mixer selama 10-15 menit sampai betul2 kental, putih dan mengkilap.
Masukkan tepung maizena.
Ayak coklat bubuk, lalu masukkan ke dalam adonan meringue menggunakan sendok dengan 2-3 kali aduk. Jangan aduk sampai rata.Sendokkan (atau menggunakan piping bag) ke atas loyang 6 buah.
Buatlah setiap tumpukan setinggi mungkin (kecuali jika ingin membuat 10 buahmeringue kecil).
Masukkan ke dalam oven, turunkan suhu seketika ke 120C (yang tadi menggunakan 150C fanbake, jika yang menggunakan setting bake 120C tidak perlu menurunkan suhu oven lagi) dan panggang selama 1 jam 15 menit. Matikan oven dan tinggalkan meringue di dalamnya sampai betul-betul dingin. Sajikan dengan krim kental.




4 komentar:

Sofie mengatakan...

hai mba arta..
salam kenal :D

merengnya rapih banget deh..
Asik juga tuh bentuknya jadi kayak cincin :)

Syanti Dewi mengatakan...

waahhh cakep.. bentunya-nya setelah dikasih cream jadi kaya air terjun hihiii kreatif.. cakep , mereng-nya rapih lagi :)

Anonim mengatakan...

merengnya bagus lho...
rapi banget..

salam KBB ya :)

Yuli P. Digdo mengatakan...

hooh mbak, mereng-mu rapih banget jadinya :)